PROTOKOL DAN ARSITEKTUR JARINGAN

PROTOKOL DAN ARSITEKTUR JARINGAN


Secara garis besar PROTOKOL adalah suatu aturan, sedangkan ARSITEKTUR adalah sebuah desain. Nah dari sini sudah dapat gambaran besar tentang apa yang akan dibahas setelah ini. Sebelum membahas PROTOKOL DAN ARSITEKTUR JARINGAN, mimin bagi dua untuk topik pembahasan yaitu APA ITU PROTOKOL? dan APA ITU ARSITEKTUR JARINGAN?

Ok lanjut ke APA ITU PROTOKOL JARINGAN?

Protokol Jaringan adalah suatu aturan yang mengatur hubungan atau komunikasi data antar komputer dalam suatu jaringan. Protokol ini mengatur agar suatu informasi dapat terkirim atau diterima dengan baik. Protokol banyak jenisnya dan tidak semua protokol dapat berjalan pada jalur yang sama, tapi juga ada yang berjalan pada jalur yang sama agar mencapai satu kesatuan. Sebuah contoh sederhana saja pada sebuah smartphone keluaran APPLE.Inc dan smartphone lokal Android, walaupun keduanya memiliki perangkat bluetooth keduanya tidak bisa saling mengirim. Penyebabnya adalah perbedaan protokol yang digunakan.

Di dalam sebuah protokol terdapat 3 penyusun yaitu :

  1. Syntax berguna membuat suatu datablock yang dapat dimengerti semua sistem.
  2. Semantic berguna mengontrol koordinasi, informasi serta bertanggung jawab dalam mengani error yang terjadi. 
  3. Timing berguna sebagai sinkronisasi waktu agar kecepatan data sama dan mengatur urutan data. 
Selanjutnya APA ITU ARSITEKTUR JARINGAN?

Arsitektur Jaringan adalah desain pembuatan atau perancangan dalam struktur jaringan komputer. Dalam Arsitektur Jaringan dikenal istilah standar, istilah ini memiliki arti sebagai jenis-jenis dari tipe arsitektur. Ketika sudah menyingung standar maka disini keterkaitan dengan protokol jaringan, terdapat banyak standar yang ada, namun akan saya jelaskan 2 standar yang sering dipakai yaitu : OSI dan TCP/IP.

=> OSI

     OSI Reference Model for Open Networking atau yang sering disebut model referensi jaringan terbuka OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization di Eropa pada tahun 1977. OSI senderi merupakan singakatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

STRUKTUR OSI LAYER

=> TCP/IP

        Model Referensi DARPA atau DARPA Reference Model adalah sebuah referensi protokol jaringan yang diusulkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat atau DoD (Departement of Defense). Model ini dinamai begitu karena lembaga yang mengembangkan TCP/IP adalah DARPA ( United States Defense Advanced Research Project ) pada dekade 1970-an hingga 1980-an. 

STRUKTUR LAYER TCP/IP


Itu adalah penjelasan singkat dari PROTOKOL dan ARSITEKTUR JARINGAN, keduanya memiliki hubungan yang sangat penting. Masih banyak penjelasan tentang materi ini, mukin teman-teman bisa mencari tahu sendiri, dan jika ada kesempatan saya akan bagi lagi lebih rinci tentan PROTOKOL dan ARSITEKTUR JARINGAN. Terima kasih atas kunjungannya jangan lupa meninggalkan komentar dan terus kunjungi blog ini. See you next time. 




Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
1 Maret 2018 pukul 14.19 ×

Terimakasih, Sangat bermanfaat sekali artikelnya, ditunggu artikel selanjutnya

Reply
avatar
Thanks for your comment